Minggu, 15 Agustus 2010

Mengenal Jagung Pulut- Jagung Ketan- (Waxy Corn), Zea mays ceritina

Mengenal Jagung Pulut - Jagung Ketan - (Waxy Corn), Zea mays ceritina Kulesh
By : Azis Rifianto*

Jagung pulut atau sebagian orang menyebutnya jagung ketan merupakan salah satu jenis jagung yang memiliki karakter spesial yaitu pulut atau ketan. Jagung ini disebut pulut atau ketan karena lengket dan pulen seperti ketan ketika di rebus (kandungan amilopektin tinggi). Jagung ketan ditemukan di China pada awal tahun 1900 dengan karakter endosperm berwarna kusam seperti lilin (waxy). Karakter waxy disebabkan adanya gen tunggal waxy (wx) bersifat resesif epistasis terletak pada kromosom sembilan. Secara fenotif endosperm jagung ketan yang berwarna kusam, dapat dibedakan dengan jelas dibandingkan jagung jenis lain pada saat kadar air biji 16% atau kurang dari 16%.

Endosperm jagung ketan yang homozigot (wx) dapat menghasilkan amilopektin hingga seratus persen. Karakter unik lain yang dimiliki oleh jagung ketan adalah akan menghasilkan warna merah-kecoklatan apabila endosperma biji yang mengandung amilopektin dilukai dan diberi larutan iodine. Kandungan endosperm jagung nonwaxy (terdiri dari amilopektin dan amilosa dengan kadar yang bervariasi) diberi larutan potassium iodine akan berwarna biru sampai hitam.

Jagung ketan mendapatkan perhatian yang besar pada perang dunia kedua karena kandungan tepung pada endosperma sama dengan kandungan tepung tapioka yang di hasilkan oleh tanaman ketela pohon (Manihot utilissima) sehingga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman subtitusi. Berdasarkan penelitian, jagung ketan dapat digunakan sebagai campuran bahan baku kertas, tekstil dan industri perekat. Jagung ketan juga digunakan untuk memperbaiki kehalusan dan creaminess makanan kaleng, sebagai bahan perekat label botol dan memperkuat kertas.

Di Indonesia jagung ketan dimanfaatkan dengan cara di rebus atau dibakar, sebagai campuran nasi, juga bisa dibuat emping, marning dan glontor (jawa tengah: jagung pipil rebus dimakan dengan parutan kelapa dan garam). Daya cerna pati jagung ketan lebih rendah dibanding varietas jagung nonketan. Komposisi tersebut dapat membantu penderita diabetes yang memerlukan pangan karbohidrat tapi tidak tercerna sempurna menjadi glukosa. Penderita penyakit lambung tidak dianjurkan mengkonsumsi bahan pangan yang mengandung amilopektin tinggi, termasuk beras ketan dan jagung ketan. Tingginya kandungan amilopektin pada jagung ketan juga dapat dimanfaatkan untuk pakan ternak seperti domba, sapi dan babi dimana dengan menggunakan jagung ketan dapat meningkatkan bobot binatang ternak hingga mencapai 20%.

Budidaya tanaman jagung ketan pada umumnya tidak berbeda dengan budidaya tanaman jagung field corn (jagung pipil). Yang membedakan hanyalah dibutuhkannya isolasi jarak dan atau waktu dikarenakan jagung ketan dikendalikan oleh gen resesif (wx). Isolasi jarak kurang lebih sekitar 200m sedangkan isolasi waktu 3 minggu lebih awal dari tanaman jagung pipil atau selain jagung ketan dimana jagung ketan ditanam lebih dekat dengan arah angin. Saat ini varietas jagung ketan yang ada di Indonesia masih dalam bentuk OP atau lokal, seperti lokal Sulawesi, lokal Jember, lokal Kediri, lokal Ciamis dan lain-lain.

Penelitian untuk menghasilkan jagung ketan hibrida saat ini dilakukan oleh lembaga penelitian pemerintah dan perusahaan benih. PT BISI International, Tbk sebagai salah satu perusahaan benih terbesar di Indonesia juga turut andil untuk memajukan pertanian dan petani Indonesia. Tiga varietas hibrida jagung ketan siap untuk di lepas ke masyarakat dengan berbagai macam kelebihan seperti kualitas rasa, nilai gizi, hasil panen dan ketahanan terhadap hama dan penyakit. Semoga 3 varietas hibrida yang segera dilepas memberi nilai tambah ke petani yang selama ini menggunakan varietas lokal. Bravo Pertanian dan Petani Indonesia!!!

* Staff R&D PT BISI International, Tbk

15 komentar:

  1. bibitnya beli di mana ? Harga satuan bibi gimana

    BalasHapus
  2. apakah bibit tersebut bisa ditanam di dataran sumatra??

    BalasHapus
  3. Mukhtar:untuk sementara benih nya, masih dalam test market, semoga bisa segera dijual massal

    Anonim:benih tersebut bisa tanam baik didataran rendah 0 - 400m dpl, menengah 400 - 700m dpl dan dataran tinggi >700m dpl, beradaptasi luas..

    BalasHapus
  4. Jarak tanam jgng ketan brp ya?Alx aku mau menanam jagung di ats gunung depan rumahku.
    By medhy nag rewang p.Sappa

    BalasHapus
  5. assalamualaikum dan selamat siang pak,saya mempunyai ladang jagung di malaysia,,bolehkah sekiranya saya membeli benih
    ini dari bapak,

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. kami siap mensuplai bibit jagung ungu rasa ketan,yg berminat sms k 087825689775kami kan menghubungi anda,klo tdk di jawab dan lama d balasnya tolong bersabar pasti kami jawab.

    BalasHapus
  8. Mohon info harga benih ketannya bapak?

    BalasHapus
  9. Mohon info harga benih ketannya bapak?

    BalasHapus
  10. Rasanya bagaimana ya? Manis atau biasa.

    BalasHapus
  11. kami ingin mendapatkan bibit jagung ketan, dimana bisa kami dapatkan

    BalasHapus
  12. Harga Jagung Ketan di Papua Rp.115000/kamplek. Minat Broo

    BalasHapus
  13. Selamat sore..
    Tolong tanya... utk wilayah surabaya, saya minat mau beli jagung hidupnya utk langsung pengganti beras, belinya dimana? Mohon petunjuknya.. Terima kasih...

    BalasHapus