Minggu, 27 Maret 2011

Susu Jagung Manis

Jagung manis merupakan salah satu varian dari tanaman jagung dimana memiliki karakter spesial yaitu memiliki rasa manis secara alami. Rasa manis pada jagung manis disebabkan adanya gen resesif yang menghambat pembentukan gula menjadi tepung. Gen resesif yang terdapat pada tanaman jagung manis yang ada dipasaran saat ini adalah gen shrunken 2 (sh2). salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mememberi nilai tambah bagi petani jagung manis adalah dengan menjual produk jagung manis menjadi produk olahan. Produk olahan jagung manis dapat berupa : jagung manis rebus yang dijual berupa jagung manis pipil dalam cup dan diberi aneka rasa seperti keju, strawbery, ditambahkan creamer, susu dan seterusnya. Seperti yang sedang dikembangkan salah satu francise dari malaysia (daily fresh).

Selain dalam bentuk rebusan, jagung manis dapat di olah menjadi tempe jagung manis (seperti yang dilakukan masyarakat Ambarawa Jawa Tengah), selai, sirup, susu maupun susu fermentasi (yogurt). Pada kesempatan kali ini kami mencoba untuk membuat susu dengan bahan dasar jagung manis varietas sweet boy dari cap kapal terbang yang banyak ditanam petani. Tahap pembuatan susu jagung manis sebagai berikut :

Langkah 1:

kita bersihkan jagung manis yang masih segar dari rambut jagung trus kita pipil...biar mudah sisir aja pake pisau
4 tongkol jagung manis ukuran sedang cukup lah buat 3 gelas susu jagung manis







Langkah 2:

Masukkan pipilan jagung manis ke dalam blender..lalu tambahkan 2 gelas air hangat sebagai pengencer dan untuk meminimalisir aroma langu jagung manis














Langkah 3:

Blender jagung manis sampe bener-bener halus











Langkah 4:

Saring jagung manis yang sudah diblender...
Tambahkan air dengan perbandingan 1:4
Sisihkan ampas jagung manis....
(sebenarnya ampas jagung manis masih bisa dimanfaatkan untuk membuat selai dan tempe jagung manis...tapi tidak sekarang kita bikin...dah haus niy hehehe...)





Langkah 5:

Rebus sari jagung manis di atas api sampai suhu 80 derajat Celcius...
Kalo mau ambil sarinya aja bisa disaring lagi karena biasanya setelah direbus, sebagian zat pati yang ikut dalam rebusan akan menggumpal seperti jelly ... yummy






Langkah 6:

Tambahkan susu kental manis atau susu skim biar tambah gurih...
bisa juga ditambahkan gula pasir atau gula jawa untuk minuman berenergi....
kalo pengen diet gula..bisa langsung dikonsumsi... slurp...slurp...






Dan tarra.....ni dia susu jagung manis yang udah siap diminum....dingin lebih enak lho....
seperti susu pada umumnya....batas aman dan sehat untuk dikonsumsi kalo disimpan pada suhu ruang hanya 6 jam....kalo disimpan pada suhu dingin bisa tahan lebih lama..
Dibekukan juga mak nyuuss lho...^_^

Ayo bikin yuuukkk....






1 komentar: