Senin, 01 Februari 2010

Menghitung Besar Gaji 5 Tahun ke Depan

Menghitung Besar Gaji 5 Tahun ke Depan
Oleh : Azis Rifianto

Menjelang akhir tahun dan awal tahun merupakan saat yang paling menentukan bagi seorang karyawan atau pegawai perusahaan. Akhir tahun merupakan saat survey upah minimum yang dilakukan oleh Dewan Pengupahan Daerah yang nantinya dijadikan acuan untuk menentukan berapa besar upah minimum regional (UMR). Upah Minimum Regional adalah suatu standar minimum yang digunakan oleh para pengusaha atau pelaku industri untuk memberikan upah kepada pegawai, karyawan atau buruh di dalam lingkungan usaha atau kerjanya. Pemerintah mengatur pengupahan melalui Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. 05/Men/1989 tanggal 29 Mei 1989 tentang Upah Minimum.

Penetapan upah dilaksanakan setiap tahun melalui proses yang panjang. Mula-mula Dewan Pengupahan Daerah (DPD) yang terdiri dari birokrat, akademisi, buruh dan pengusaha mengadakan rapat, membentuk tim survei dan turun ke lapangan mencari tahu harga sejumlah kebutuhan yang dibutuhkan oleh pegawai, karyawan dan buruh. Setelah survei di sejumlah kota dalam propinsi tersebut yang dianggap representatif, diperoleh angka Kebutuhan Hidup Layak (KHL) - dulu disebut Kebutuhan Hidup Minimum (KHM). Berdasarkan KHL, DPD mengusulkan upah minimum regional (UMR) kepada Gubernur untuk disahkan. Komponen kebutuhan hidup layak digunakan sebagai dasar penentuan upah minimum berdasarkan kebutuhan hidup pekerja lajang (belum menikah).

Saat ini UMR juga dikenal dengan istilah Upah Minimum Propinsi (UMP) karena ruang cakupnya biasanya hanya meliputi suatu propinsi. Selain itu setelah otonomi daerah berlaku penuh, dikenal juga istilah Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK).

Gaji adalah salah satu hal yang penting bagi setiap karyawan/pegawai yang bekerja dalam suatu perusahaan, karena dengan gaji yang diperoleh seseorang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. terkait tingkat inflasi, pertumbuhan ekonomi, kebutuhan hidup layak atau daya beli, dan lainnya. Gaji merupakan salah satu unsur yang penting yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan, sebab gaji adalah alat untuk memenuhi berbagai kebutuhan pegawai, sehingga dengan gaji yang diberikan pegawai akan termotivasi untuk bekerja lebih efektif, produktif dan giat.

Berapa besar gaji anda lima tahun mendatang?berikut merupakan contoh perhitungan perkiraan gaji lima tahun mendatang. Misalkan gaji anda pada tahun 2010 sebesar Rp 1.000.000,- dengan rata rata kenaikan tiap tahun 10 %, maka besar gaji kita pada tahun 2015 dapat dihitung dengan perhitungan sebagai berikut :

Gn = G(1 + i)^n

Gn = nilai G pada akhir period ke n
G = nilai gaji awal
i = interest rate/persentase kenaikan (dalam desimal)
n = jumlah compounding period (kalau n dalam tahun, ya tahun, kalau bulan ya bulan)

Syarat perhitungan gaji diatas adalah apabila kondisi normal, dalam arti tidak mengalami promosi atau kenaikan pangkat, maupun kenaikan gaji, yang di peroleh hanyalah kenaikan gaji tahunan

Gaji (5 tahun kedepan) = 1.000.000 ( 1 + 10%)5
= 1.000.000 ( 1 + 0.1)5
= 1.000.000 (1.1)5
= 1.000.000 (1,61051)
= 1.610.510

Jadi besar gaji yang akan anda peroleh pada lima tahun mendatang (2015) dengan rata-rata kenaikan tiap tahun 10% adalah Rp 1.610.510,-. Berapa besar gaji anda pada 10 tahun kedepan atau 20 tahun kedepan? silahkan dihitung sendiri dengan menggunakan rumus perhitungan diatas. Semoga simulasi perhitungan ini bisa membantu, mengambil keputusan dan arah hidup kedepan. Selamat mencoba dan sukses selalu!!!

1 komentar:

  1. Mas saya masih binggu sama rumus nya bisa di perjelas nggak rumus.

    BalasHapus